Scroll untuk baca artikel
BeritaLokalMisteri

7 Misteri Gunung Lawu

×

7 Misteri Gunung Lawu

Sebarkan artikel ini
Posjos.com - Gunung Lawu. Misteri Gunung Lawu. Kisah Gunung Lawu Yang Misteri. Pergi Ke Gunung Lawu. Misteri Di Gunung Lawu
Hashtag Ilistrasi Gambar Posjos.com - Gunung Lawu. Misteri Gunung Lawu. Kisah Gunung Lawu Yang Misteri. Pergi Ke Gunung Lawu. Misteri Di Gunung Lawu

7 Misteri Gunung Lawu – Gunung Lawu, dengan pemandangan eksotiknya yang dipenuhi cemara, cengkeh, strawberry, dan alpukat, menyimpan misteri-misteri tak terpecahkan. Di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, inilah 7 misteri yang merayap di Gunung Lawu:

Misteri Gunung Lawu

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

1. Misteri Jalak Lawu

Burung jalak dijalur pendakian seringkali dianggap sebagai penunjuk jalan, tetapi legenda menyebutnya sebagai Koi penunggu Gunung Lawu, atau Kyai Jalak alias Wongso Manggala, pengawal Brawijaya 5.

2. Macan Lawu

Macan loreng dianggap singgah di jalur pendakian Cemoro Kandang. Patung harimau di Punden dianggap sebagai Eyang Singo Sinepeh Hindia, berdampingan dengan macan tutul, hewan endemi kawasan hutan lindung Gunung Lawu.

3. Pasar Setan

Suara hiruk pikuk pasar tradisional terdengar di tengah padang ilalang di pos 5. Pengalaman mistis dijalur Candi Cetho menyebabkan beberapa pendaki merasakan kehadiran “Pasar Setan,” memerlukan pembuangan barang untuk menggantikan aktivitas transaksi.

4. Kelabang Lawu

Kelabang atau “keongkok” diyakini sebagai penunggu sumber air di Gunung Lawu. Sebelumnya, mereka dianggap perusak karena menyumbat saluran air, memicu kemarahan Ki Sabuk Janur hingga kelabang babak belur dihajar dengan ilmu pesat.

5. Gunung yang Memiliki Nyawa

Gunung Lawu diyakini memiliki nyawa dan dapat mendengar perkataan manusia. Pendaki diingatkan untuk bersikap sopan, menjaga kesantunan, dan tidak merusak alam. Beberapa insiden hilang atau tersesat dikaitkan dengan sikap pendaki yang kurang sopan.

Baca Juga :   Jenis Dompet Digital, E-Wallet Indonesia

6. Pendaki Hilang Misterius

Beberapa tahun lalu, seorang pendaki asal Magelang hilang tanpa jejak saat mendaki Gunung Lawu. Meskipun upaya pencarian dilakukan, termasuk oleh paranormal Ki Prana Lewu, pendaki tersebut tidak pernah ditemukan.

7. Mitos Jumlah Ganjil

Masyarakat setempat mempercayai mitos bahwa mendaki Gunung Lawu dengan jumlah orang ganjil dilarang. Puncak Hargo Dalem, Hargo Domiling, dan Hargo Domila dianggap tempat sakral, terkait dengan sejarah mistis, seperti tempat hilangnya raja terakhir Majapahit.

Mari kita teruskan penjelajahan misteri Gunung Lawu, bagikan artikel ini, dan ikuti berita terbaru di posjos.com!

Info : Situs posjos.com sedang dalam proses migrasi konten. Dari semula konten artikel, sebagian akan di sempurnakan menjadi konten video. Anda bisa membuka postingan versi video di halaman ini. Untuk postingan dalam format audio buka di sini. Ikuti juga posjos.com di Tiktok.