Scroll untuk baca artikel
BeritaLokal

17 Jenis Beladiri TNI Dan Polri

×

17 Jenis Beladiri TNI Dan Polri

Sebarkan artikel ini
Posjos.com - Jenis Beladiri TNI. Jenis Beladiri Polri. Beladiri TNI Dan Polri. Aliran Seni Beladiri TNI Dan Polri
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar Posjos.com - Jenis Beladiri TNI. Jenis Beladiri Polri. Beladiri TNI Dan Polri. Aliran Seni Beladiri TNI Dan Polri

17 Jenis Beladiri TNI Dan Polri – Beladiri merupakan kemampuan dasar yang tak tergantikan dalam dunia militer, di mana teknologi alutsista tidak selalu dapat mengatasi situasi tangan kosong. TNI dan Polri, sebagai aparat keamanan Indonesia, mengandalkan berbagai jenis ilmu bela diri, baik asli Indonesia maupun dari luar negeri.

Jenis Beladiri TNI Dan Polri

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

Pencak Silat

Pencak Silat, seni bela diri asli Indonesia, tersebar dalam berbagai aliran seperti Silat Minangkabau, Silat Cimande, dan Silat Betawi. Merpati Putih, salah satu perguruan Pencak Silat, terkenal di kalangan TNI, khususnya di Kopassus, Paspampres, Marinir, Paskhas, Brimob, dan kesatuan lainnya.

PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate)

PSHT, cikal bakalnya dari pencak silat Setia Hati, didirikan pada tahun 1922 dan berkembang pesat di kalangan TNI. Banyak anggota TNI, terutama di Jawa Timur, menjadi anggota PSHT dan berkolaborasi dalam pengembangan beladiri militer.

IKSPI Kera Sakti

Didirikan pada 1985, IKSPI Kera Sakti mengajarkan jurus monyet yang unik. Perguruan ini telah merambah ke beberapa kesatuan TNI di wilayah Madiun dan sekitarnya.

Yongmoodo

Asal dari Korea Selatan, Yongmoodo mulai diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 2008 melalui TNI Angkatan Darat. Ini menjadi bela diri wajib dan memerlukan penguasaan teknik perkelahian pertahanan, baik fisik maupun mental.

Baca Juga :   5 Mitos Sains Yang Masih Sering Dipercaya

Karate

Dikenal sebagai beladiri populer dari Jepang, Karate telah menjadi pilihan TNI dan sering melibatkan pelatihan langsung dari instruktur Jepang.

Taekwondo

Seni beladiri asli Korea ini diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1972 dan berkembang pesat. TNI AU bahkan mendatangkan pelatih Taekwondo langsung dari Korea Selatan.

Tarung Derajat

Diciptakan oleh Achmad Dradjat, Tarung Derajat menjadi cabang olahraga pada tahun 1990. Banyak diajarkan di kesatuan TNI seperti Kopassus, Paskhas, Kostrad, dan lain-lain.

Kungfu (Wushu)

Meskipun sering disebut sebagai kungfu, istilah yang lebih tepat adalah wushu. TNI pernah mengajarkan kungfu, terutama kepada anggota TNI dengan keturunan Tionghoa.

Shorinji Kempo

Dibentuk di Jepang pada tahun 1947, Shorinji Kempo memiliki dua corak utama, yaitu teknik halus dan teknik keras. Di Indonesia, melibatkan anggota TNI dalam pengembangan beladiri.

Tarung Derajat

Beladiri asli Indonesia ini muncul pada tahun 1972 dan menjadi cabang olahraga pada tahun 1990. Melibatkan banyak kesatuan TNI seperti Kopassus, Paskhas, Kostrad, dan lain-lain.

Kempo

Sebagai beladiri asal Jepang, Kempo melibatkan teknik halus dan keras. TNI pernah mengajarkan Kempo, khususnya kepada Kopassus.

Judo

Fokus pada teknik menjatuhkan dan mengunci lawan, Judo telah menjadi olahraga beladiri yang ditekuni oleh anggota TNI, bahkan melibatkan kejuaraan nasional.

Jujitsu

Jujitsu, beladiri defensif, telah eksis di Indonesia sejak tahun 50-an dan masih diajarkan di kalangan TNI.

Capoeira

Asal dari Brasil, Capoeira juga diajarkan di beberapa kesatuan TNI, terutama unit 125.

Sistema

Teknik beladiri dari Rusia yang praktis untuk menghadapi penyerang. Melibatkan detasemen khusus TNI seperti Bravo 90.

Libre Fighting System

Berdasarkan konsep menyerang secara agresif, Libre Fighting System melibatkan anggota TNI, khususnya dalam Brimob.

Baca Juga :   Roma Irama Kena Karma, Terimakasih Ning Umi Karena Berbicara Fakta

Krav Maga

Dikembangkan oleh Angkatan Bersenjata Israel, Krav Maga menggabungkan teknik dari berbagai beladiri untuk situasi pertarungan real. Populer di beberapa kesatuan TNI.

Mixed Martial Arts (MMA)

Olahraga beladiri bebas, di mana pesertanya dapat menggunakan berbagai teknik dari berbagai ilmu bela diri. Banyak ditekuni oleh personel TNI.

Dengan keberagaman beladiri ini, TNI dan Polri memastikan bahwa anggotanya memiliki keterampilan yang cukup untuk menghadapi berbagai situasi dan ancaman di lapangan. Bagikan artikel ini dan ikuti berita terbaru di posjos.com untuk informasi lebih lanjut!

Info : Situs posjos.com sedang dalam proses migrasi konten. Dari semula konten artikel, sebagian akan di sempurnakan menjadi konten video. Anda bisa membuka postingan versi video di halaman ini. Untuk postingan dalam format audio buka di sini. Ikuti juga posjos.com di Tiktok.