Scroll untuk baca artikel
ArtikelBerita

Asal-usul Olahraga Panahan: Memanah Jejak Sejarah

×

Asal-usul Olahraga Panahan: Memanah Jejak Sejarah

Sebarkan artikel ini
Posjos.com - Olahraga Panahan. Sejarah Olahraga Panahan. Olah Raga Memanah. Asal-usul Olahraga Memanah. Memanah. Asal-usul olah raga panahan
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar Posjos.com - Olahraga Panahan. Sejarah Olahraga Panahan. Olah Raga Memanah. Asal-usul Olahraga Memanah. Memanah. Asal-usul olah raga panahan

Asal-usul Olahraga Panahan: Memanah Jejak Sejarah – Panahan, kegiatan menggunakan busur dan panah untuk menembakkan anak panah ke target, merupakan seni tertua yang masih dipraktikkan manusia hingga saat ini. Merupakan bagian dari sejarah panjang umat manusia, panahan bukan hanya sekadar aktivitas, melainkan sebuah warisan budaya yang membentang lintas zaman.

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

Meskipun sulit dipastikan lokasi panen pertama, seluruh benua di dunia, kecuali Australia, memiliki warisan panahan mereka sendiri. Lukisan kuno yang menggambarkan seseorang memanah rusa ditemukan di cekungan Mediterania, menandakan bahwa panahan sudah menjadi bagian hidup manusia sejak zaman batu.

Eropa menjadi saksi perkembangan panahan dengan penemuan batang panah pinus dan mata panah berukuran besar di Jerman. Bahkan, panah kuno berukuran 1,5 meter ditemukan di Denmark, menandai awal inovasi dalam pengembangan kualitas panah.

Mesir mempersembahkan busur panjang sebagai senjata utama mereka dengan panah jarak jauh yang memberikan keuntungan taktis. Sementara itu, bangsa Asyur menggunakan busur berbentuk rekor yang terbuat dari kulit tanduk dan kayu, menunjukkan kreativitas dalam desain senjata.

Dinasti Shang di Tiongkok menyaksikan penggunaan panahan dalam peperangan menggunakan kereta perang. Di Inggris, panah busur panjang menjadi pasukan inti dalam militer, bahkan dijadikan syarat latihan rutin bagi seluruh pria Inggris.

Namun, dengan munculnya senapan, popularitas busur dan panah merosot. Inggris mendirikan komunitas panahan pertama, Debu often Get Rich, yang menjadi tonggak awal untuk menghidupkan kembali panahan sebagai olahraga kompetitif.

Baca Juga :   Negara Penghasil Jagoan Gulat Terbaik di Dunia: Dagestan

Seiring waktu, panahan kembali mendapatkan tempatnya sebagai olahraga kompetitif. Kompetisi dan komunitas panahan pun tumbuh, termasuk kompetisi khusus perempuan. Bahkan, pada Olimpiade Paris, panahan menjadi kompetisi resmi untuk pertama kalinya.

Di Indonesia, panahan telah menjadi bagian penting dalam Pekan Olahraga Nasional sejak tahun 1948. Dukungan masyarakat terhadap panahan semakin meningkat, membentuk organisasi persatuan panahan Indonesia dan akhirnya menjadikan panahan sebagai cabang olahraga tetap dalam Olimpiade.

Mari ikuti jejak sejarah panahan, bagikan artikel ini, dan tetap update dengan berita terbaru di posjos.com. Panahan bukan sekadar olahraga; itu adalah warisan yang terus hidup dan berkembang dalam jejak sejarah manusia.

Info : Situs posjos.com sedang dalam proses migrasi konten. Dari semula konten artikel, sebagian akan di sempurnakan menjadi konten video. Anda bisa membuka postingan versi video di halaman ini. Untuk postingan dalam format audio buka di sini. Ikuti juga posjos.com di Tiktok.