Scroll untuk baca artikel
BeritaTeknologi

Apa Itu eSIM Dan Operator Apa Saja yang Sudah Menggunakan?

×

Apa Itu eSIM Dan Operator Apa Saja yang Sudah Menggunakan?

Sebarkan artikel ini
posjos.com — Mengenal eSIM Apa Itu eSIM Dan Operator Apa Saja yang Sudah Menggunakan eSIM. Cara Daftar eSIM
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar posjos.com — Mengenal eSIM Apa Itu eSIM Dan Operator Apa Saja yang Sudah Menggunakan eSIM. Cara Daftar eSIM

POSJOS.COMApa Itu eSIM Dan Operator Apa Saja yang Sudah Menggunakan? | eSIM merupakan singkatan dari Embedded Subscriber Identity Module, sebuah teknologi SIM card terintegrasi secara langsung pada perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, atau smartwatch. Dalam hal ini, eSIM berperan sebagai pengganti dari SIM card fisik pada perangkat tersebut.

Kelebihan eSIM dari pada SIM Fisik

1. Fleksibilitas Lebih Tinggi

eSIM memungkinkan penyimpanan lebih dari satu profil operator pada satu perangkat, memudahkan pengguna untuk beralih operator tanpa perlu mengganti kartu SIM fisik.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

2. Keamanan yang Lebih Tinggi

eSIM lebih aman karena profil operator disimpan langsung di perangkat elektronik, mengurangi risiko kehilangan atau pencurian nomor telepon dan data.

3. Kemudahan Penggunaan

Aktivasi eSIM dilakukan secara otomatis melalui jaringan internet, tanpa perlu melakukan aktivasi manual atau mengganti kartu SIM fisik saat berganti operator.

4. Ramah Lingkungan

eSIM lebih ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan bahan dalam produksi dan mengurangi limbah plastik dari kartu SIM fisik yang kadaluwarsa.

Kekurangan eSIM

1. Ketergantungan pada Perangkat Elektronik

eSIM hanya dapat digunakan pada perangkat yang mendukung teknologi tersebut, membatasi pengguna yang ingin menggunakan layanan dari operator baru tanpa perlu berganti perangkat.

Baca Juga :   Skotlandia: Negara Dengan Orang Rambut Merah Terbanyak di Dunia

2. Terbatasnya Dukungan Operator

Meskipun semakin banyak operator yang mendukung eSIM, masih ada beberapa yang belum, menyulitkan pengguna dalam melakukan perpindahan operator.

3. Memerlukan Koneksi Internet yang Stabil

Aktivasi eSIM membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat, sehingga jika koneksi tidak memadai, aktivasi dapat gagal atau memakan waktu yang lama.

4. Risiko Keamanan Digital

Meskipun lebih aman secara fisik, eSIM tetap rentan terhadap risiko keamanan digital seperti serangan cyber atau hacking.

5. Sulit Diganti atau Dihapus

Proses penggantian operator atau perangkat yang tidak mendukung eSIM dapat menjadi rumit dan memerlukan bantuan teknis dari operator.

Operator eSIM di Indonesia

Beberapa operator di Indonesia yang sudah menyediakan layanan eSIM antara lain Smartfren, XL, Axis, Indosat, dan Tri. Namun, hingga saat ini Telkomsel belum menyediakan layanan eSIM.

Handphone yang Mendukung eSIM

Beberapa perangkat handphone yang mendukung fitur eSIM antara lain iPhone, Google Pixel, dan Samsung.

Teknologi eSIM merupakan terobosan baru di dunia telekomunikasi yang memberikan keuntungan dalam hal fleksibilitas dan kemudahan penggunaan. Meskipun masih ada kendala dalam penggunaannya, eSIM memiliki potensi untuk menjadi standar baru di masa depan.