Scroll untuk baca artikel
BeritaFauna

Kenapa Mata Kucing Menyala Saat Gelap

×

Kenapa Mata Kucing Menyala Saat Gelap

Sebarkan artikel ini
Posjos.com - Mata Kucing Kenapa Menyala. Kenapa Mata Kucing Menyala Saat Gelap. Saat Gelap Mata Kucing Kenapa Menyala
Posjos.com - Mata Kucing Kenapa Menyala. Kenapa Mata Kucing Menyala Saat Gelap. Saat Gelap Mata Kucing Kenapa Menyala

Kenapa Mata Kucing Menyala Saat Gelap – Kucing adalah salah satu hewan yang sering kita temui di sekitar kita. Banyak orang tertarik untuk memelihara kucing karena tingkahnya yang lucu, menggemaskan, dan unik. Salah satu hal yang paling mencolok pada kucing adalah matanya yang memiliki kemampuan istimewa, yaitu mampu menyala dalam kondisi gelap. Mungkin kamu juga pernah melihat mata kucing peliharaanmu bersinar terang pada malam hari atau di tempat yang minim cahaya. Apa sebenarnya yang menyebabkan mata kucing bisa menyala dalam kondisi seperti ini? Simak penjelasannya di sini.

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

Kucing, Hewan Nokturnal

Apakah kamu sudah tahu bahwa kucing termasuk dalam kategori hewan nokturnal? Sebagai hewan nokturnal, kucing lebih aktif dan melakukan banyak aktivitas pada malam hari. Inilah mengapa mata kucing memiliki kemampuan melihat yang sangat baik, terutama saat kondisi gelap. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kucing akan aktif pada malam hari. Ada juga kucing yang lebih memilih untuk tidur nyenyak saat malam tiba.

Rahasia Mata Bersinar

Darimana asal cahaya yang terlihat di mata kucing saat gelap? Jawabannya terletak pada sebuah struktur khusus yang dimiliki oleh mata kucing, yaitu *tapetum lucidum*. Dalam bahasa Latin, *tapetum lucidum* berarti “lapisan yang bersinar”. Lapisan inilah yang membuat mata kucing bersinar saat kondisi gelap. *Tapetum lucidum* terletak di bagian belakang retina mata dan berfungsi untuk memantulkan cahaya yang tidak diserap oleh retina.

Baca Juga :   Asal Usul Ratu Balqis Dari Kerajaan Saba

Ketika mata kucing berusaha menangkap cahaya di ruangan gelap, cahaya yang tidak diserap oleh retina akan dipantulkan oleh *tapetum lucidum*. Inilah yang menyebabkan mata kucing terlihat bersinar dan menyala pada malam hari atau saat berada di ruangan yang minim cahaya. Uniknya, warna pantulan cahaya dari mata kucing bisa bervariasi. Biasanya, kucing akan memantulkan cahaya berwarna kuning keemasan atau hijau, tetapi ada juga mata kucing yang memantulkan cahaya berwarna merah.

Kesimpulan

Jadi, itulah alasan mengapa mata kucing dapat menyala dalam kondisi gelap. Kemampuan ini memberikan keunggulan kepada kucing saat berburu atau menjelajahi lingkungan pada malam hari. Semoga informasi ini memberikan wawasan yang menarik mengenai salah satu keunikan kucing yang membuatnya semakin menarik untuk dipelihara.

Untuk berita terbaru seputar dunia hewan peliharaan dan masih banyak informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk mengunjungi [Posjos.com](https://www.posjos.com). Terus pantau situs kami untuk pembaruan yang menarik!

Info : Situs posjos.com sedang dalam proses migrasi konten. Dari semula konten artikel, sebagian akan di sempurnakan menjadi konten video. Anda bisa membuka postingan versi video di halaman ini. Untuk postingan dalam format audio buka di sini. Ikuti juga posjos.com di Tiktok.