Scroll untuk baca artikel
BeritaTeknologi

Makin Canggih, AI Microsoft Bisa Garap Pekerjaan Finance

×

Makin Canggih, AI Microsoft Bisa Garap Pekerjaan Finance

Sebarkan artikel ini
posjos.com — AI Microsoft Bisa Garap Pekerjaan Finance AI Microsoft Makin Canggih, AI Microsoft Bisa Melakukan Pekerjaan Finance
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar posjos.com — AI Microsoft Bisa Garap Pekerjaan Finance AI Microsoft Makin Canggih, AI Microsoft Bisa Melakukan Pekerjaan Finance

POSJOS.COMMakin Canggih, AI Microsoft Bisa Garap Pekerjaan Finance | Microsoft telah meluncurkan versi terbaru dari Copilot, sebuah platform kecerdasan buatan (AI) yang kini mampu menangani sejumlah pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh pegawai di bidang keuangan.

Fitur baru ini membawa kemampuan analisis varians, rekonsiliasi data di Excel, dan mempercepat proses penagihan melalui Outlook. Selain itu, Copilot dapat mengekstrak informasi yang tersimpan di SAP dan Microsoft Dynamics 365.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

Mendukung Berbagai Departemen

Menurut Charles Lamanna, VP di Microsoft, setiap perusahaan memiliki karyawan dengan keahlian yang berbeda. “Kami ingin setiap departemen didukung dan diperkaya oleh Copilot,” katanya.

Microsoft telah menyediakan Copilot untuk fungsi umum di dalam aplikasi Office, dan kini juga tersedia untuk tim penjualan dan tim layanan pelanggan.

Dentsu Sebagai Pelopor

Salah satu perusahaan yang menjadi early adopter Copilot adalah agensi iklan Jepang, Dentsu. Departemen Keuangan Dentsu memberikan umpan balik yang berharga kepada Microsoft untuk membantu pengembangan Copilot versi finance.

Menurut Cory Hrncirik, seorang pegawai Microsoft di bidang keuangan, salah satu tantangan utama yang dihadapi tim keuangan adalah membandingkan data dari sistem yang berbeda.

Lebih dari 2.000 orang yang bekerja di tim perencanaan keuangan dan analisis biasanya menghabiskan 1-2 jam untuk melakukan rekonsiliasi data keuangan. Namun, dengan bantuan Copilot, waktu yang dibutuhkan hanya 10 hingga 20 menit setiap minggu.

Manfaat bagi Pegawai Keuangan

Microsoft menyatakan bahwa AI dapat membantu para pegawai dengan mengerjakan tugas-tugas yang menyita waktu dan bersifat rutin, sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaan lainnya.

Baca Juga :   NASA Bocorkan Foto IKN Dari Langit

Hrncirik bahkan mengklaim bahwa pekerja akuntansi dan keuangan yang memanfaatkan sistem automasi Copilot dapat menyelesaikan pekerjaan rutin seperti menutup buku lebih cepat. “Ini adalah salah satu hal yang kami tawarkan kepada CFO,” kata Lamanna.

Dengan demikian, kehadiran Copilot versi finance dari Microsoft membawa dampak positif dalam mengoptimalkan proses keuangan perusahaan, membebaskan waktu pegawai untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis, dan membantu meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.