Scroll untuk baca artikel
BeritaMisteri

7 Misteri Benua Antartika

×

7 Misteri Benua Antartika

Sebarkan artikel ini
Posjos.com - Misteri Benua Antartika. Kisah Misteri Di Benua Antartika. Misteri Antartika. Mengungkap Misteri Benua Antartika
Posjos.com - Misteri Benua Antartika. Kisah Misteri Di Benua Antartika. Misteri Antartika. Mengungkap Misteri Benua Antartika

7 Misteri Benua Antartika – Dari danau bawah tanah hingga es yang “bernyanyi,” Benua Antartika menyimpan keajaiban yang memukau sejak penjelajahan pertamanya pada abad ke-19. Mari kita gali tujuh misteri yang membuat kita terpesona oleh keajaiban Antartika.

1. Danau Bawah Tanah

Para ilmuwan menemukan sekitar 400 danau bawah tanah di Antartika, menyimpan ekosistem mikroorganisme yang luar biasa. Ditemukan pada tahun 1970, danau-danau ini tidak membeku karena tekanan dari lapisan es, membuka jendela ke kehidupan mikro di bawah permukaan.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

2. Air Terjun Darah McMurdo

Air terjun berwarna merah cerah dari Gletser Taylor ke Danau Bone mengejutkan para ilmuwan. Ternyata, air ini dulunya danau asin yang terputus, kini tiga kali lebih asin daripada air laut. Ketika air tinggi besi ini teroksidasi dan berkarat, menciptakan pemandangan seperti darah yang misterius.

3. Es yang Bernyanyi

Lapisan es terbesar, Ross Ice Shelf, “bernyanyi” karena getaran angin melintasi salju. Suara ini memberikan wawasan tentang kestabilan es dan reaksi terhadap perubahan lingkungan, menjadi alat unik untuk memantau kondisi es secara real-time.

4. Fosil Purba dan Hutan Hujan

Antartika pernah menjadi wilayah hutan hujan jutaan tahun lalu. Penemuan fosil kayu, hewan laut, burung, dan dinosaurus mendukung teori ini. Fosil-fosil ini, termasuk sperma yang usianya sekitar 50 juta tahun, memberikan wawasan evolusioner yang berharga.

5. McMurdo Dry Valleys

Sekitar 1% Antartika terdiri dari McMurdo Dry Valleys, lembah kering yang diyakini mirip dengan iklim Mars. Wilayah ini, meskipun kecil, menjadi tempat penting bagi penelitian dan kemungkinan menyimpan rahasia kehidupan di planet lain.

6. Ladang Meteorit Purba

Antartika adalah tempat ideal untuk mencari meteorit karena kondisinya yang dingin dan kering. Hanya sedikit batuan terbentuk secara alami, membuat meteorit lebih mudah dikenali. Tim ilmuwan berhasil menemukan meteorit terbesar di Antartika Timur pada tahun 2013.

7. Lubang Raksasa Polinya

Pada tahun 2017, lubang seukuran Irlandia ditemukan di Antartika, dikenal sebagai Polinya. Terbentuk oleh air hangat dan asin di laut dalam, lubang ini menjadi misteri bagi para ilmuwan yang terus memahami dampak dan peranannya dalam ekosistem Antartika.

Mari bersama-sama terus mengungkap misteri dan keajaiban Benua Antartika. Bagikan artikel ini dan tetap ikuti berita terbaru di sipjos.com untuk lebih banyak penemuan menakjubkan!

Info : Situs posjos.com sedang dalam proses migrasi konten. Dari semula konten artikel, sebagian akan di sempurnakan menjadi konten video. Anda bisa membuka postingan versi video di halaman ini. Untuk postingan dalam format audio buka di sini. Ikuti juga posjos.com di Tiktok.

Baca Juga :   9 Ratu Gaib Paling Sakti di Nusantara