Scroll untuk baca artikel
BeritaDunia

Al Quran Sudah Jelaskan Palestina Sebagai Tanah Waqaf untuk Umat Islam

×

Al Quran Sudah Jelaskan Palestina Sebagai Tanah Waqaf untuk Umat Islam

Sebarkan artikel ini
Al Quran Jelaskan Palestina Tanah untuk Umat Islam. Palestina Tanah Waqaf Umat Islam Al Quran Sudah Jelaskan Palestina
Al Quran Jelaskan Palestina Tanah untuk Umat Islam. Palestina Tanah Waqaf Umat Islam Al Quran Sudah Jelaskan Palestina

Al Quran Sudah Jelaskan Palestina Sebagai Tanah Waqaf untuk Umat Islam – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat beriman!* Sejarah Palestina sangatlah panjang, mencakup periode mulai dari zaman kenabian hingga kedatangan zionis-Israel. Tapi bagaimana sejarah Palestina pada era para nabi? Apakah Al Quran menjelaskan Palestina sebagai tanah waqaf untuk umat Islam? Mari kita telusuri dalam artikel ini.

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

Asal Mula Nama Palestina

Asal mula nama Palestina berasal dari keturunan bangsa yang memperdewa-dewakan berhala. Namun, kemudian Nabi Ibrahim Alaihissalam dan beberapa pengikutnya pindah ke kawasan yang sekarang dikenal sebagai Palestina. Sejak abad ke-19 SM, dalam Al Quran dijelaskan bahwa Palestina adalah tanah yang diberkati untuk seluruh manusia. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Dan kami selamatkan dia (Ibrahim) dan Luth ke sebuah negeri yang telah kami berkahi untuk seluruh alam” (Al Quran, surah al-Anbiya, ayat 71). Ini menunjukkan bahwa Palestina memiliki tempat istimewa dalam sejarah agama.

Kedatangan Bangsa Bani Israel

Kemudian, pada masa Nabi Musa, bangsa Yahudi Bani Israel mulai memasuki Palestina pada tahun 1250 SM setelah kabur dari perbudakan Firaun. Allah menjanjikan kepada Nabi Musa dan kaumnya sebagian wilayah Canaan atau Palestina agar mereka terhindar dari siksaan. Namun, Bangsa Israel berusaha untuk menguasai seluruh tanah Palestina, meskipun Allah hanya menjanjikan sebagian darinya. Ini merupakan salah satu akar dari konflik di wilayah tersebut.

Baca Juga :   Desa Albino Tanzania: Semua Penduduknya Berkulit Pucat

Peringatan dan Pengharaman Palestina

Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dalam Al Quran, mengharamkan tanah Palestina untuk Bangsa Israel. Allah berfirman, “Jika demikian, maka negeri itu terlarang buat mereka selama 40 tahun; selama itu mereka akan mengembara kebingungan di bumi” (Al Quran, surah al-Maidah, ayat 26). Ini adalah peringatan bagi umat Islam bahwa tanah ini telah diharamkan bagi Bangsa Israel.

Keistimewaan Masjid al-Aqsa

Masjid al-Aqsa memiliki keistimewaan yang besar dalam Islam. Selain menjadi tempat pertama yang dijadikan kiblat oleh umat Islam, masjid ini juga memiliki sejarah yang kaya. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam pernah berkunjung ke sana selama Isra dan Mi’raj. Shalat di Masjid al-Aqsa memiliki keutamaan besar, sebagaimana disebutkan dalam hadits.

Palestina adalah Tanah Wakaf

Istilah “tanah wakaf” pertama kali diucapkan oleh Khalifah Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu ketika ia menerima penyerahan kunci Baitul Maqdis dari pemimpin tertinggi umat Kristiani. Umar Bin Khattab menyatakan bahwa tanah Palestina adalah wakaf bagi seluruh umat Islam. Ini sejalan dengan firman Allah dalam Al Quran, “Masuklah ke tanah suci Palestina yang telah ditentukan Allah bagimu…” (Al Quran, surah al-Maidah, ayat 21). Palestina adalah tanah wakaf milik umat Islam.

Seluruh Umat Islam Harus Peduli

Dengan sejarah dan keistimewaan Palestina dalam agama Islam, semua umat Islam di seluruh dunia harus memperhatikan kondisi Palestina. Dalam perjuangan melawan penjajahan zionis-Israel, umat Islam harus bersatu. Palestina adalah tanah waqaf, dan melindunginya adalah kewajiban umat Islam.

Mari bersama-sama menjaga dan melindungi tanah suci Palestina, tempat Masjid al-Aqsa berdiri megah. Mari bergabung dalam dukungan untuk Palestina dan mengikuti berita Islami lebih lanjut di [situs web Sipjos.com](https://www.sipjos.com). Dengan kesatuan dan doa, kita dapat membantu Palestina kembali ke tangan umat Islam.

Baca Juga :   Ras Duyung Sebenarnya Bukan Dari Lautan, Mereka dari Luar Angkasa

Semoga Allah melindungi Palestina dan memenuhi doa kita untuk pembebasannya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Info : Situs sipjos.com sedang dalam proses migrasi konten. Dari semula konten artikel, sebagian akan di sempurnakan menjadi konten video. Anda bisa membuka postingan versi video di halaman ini. Untuk postingan dalam format audio buka di sini. Ikuti juga sipjos.com di Tiktok.