Scroll untuk baca artikel
BeritaSains

Mengenal Periode Triasik: Waktu Di Mana Bumi Hampir Tanpa Kehidupan Karena Kepunahan Masal

×

Mengenal Periode Triasik: Waktu Di Mana Bumi Hampir Tanpa Kehidupan Karena Kepunahan Masal

Sebarkan artikel ini
posjos.com — Periode Triasik Bumi Tanpa Kehidupan Karena Kepunahan Masal. Mengenal Periode Triasik Bumi Kepunahan Masal
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar posjos.com — Periode Triasik Bumi Tanpa Kehidupan Karena Kepunahan Masal. Mengenal Periode Triasik Bumi Kepunahan Masal

POSJOS.COMMengenal Periode Triasik: Waktu Di Mana Bumi Hampir Tanpa Kehidupan Karena Kepunahan Masal

Perkenalan Periode Triasik

Periode Triasik merupakan fase transisi yang signifikan dalam sejarah Bumi. Ini adalah masa di mana planet kita mengalami perubahan besar-besaran, menandai berakhirnya era Paleozoik dan dimulainya era Mesozoik, yang ditandai dengan kemunculan dinosaurus sebagai penguasa.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Tetapi, transisi ini tidak terjadi tanpa tragedi. Periode Triasik juga dikenal karena peristiwa kepunahan massal yang mengerikan, yang dikenal sebagai “The Great Dying”.

The Great Dying: Kepunahan Massal di Periode Triasik

The Great Dying merupakan salah satu bencana kepunahan terburuk dalam sejarah Bumi. Sekitar 90% makhluk hidup mengalami kepunahan massal. Penyebab pasti bencana ini masih menjadi misteri bagi para ilmuwan.

Hipotesis termasuk tabrakan asteroid, aktivitas vulkanik besar di Siberia, dan pelepasan gas metana dalam skala besar dari dasar laut, yang semuanya berpotensi menyebabkan perubahan iklim drastis.

Perubahan Lingkungan dan Adaptasi

Periode Triasik juga mencatat perubahan iklim drastis di Bumi. Lingkungan yang terkondisikan ulang menciptakan peluang bagi hewan-hewan berdarah dingin, terutama reptil, untuk berevolusi dan mengisi peran baru di lingkungan mereka.

Kondisi ini mendukung fenomena yang dikenal sebagai Adaptive Radiation, di mana spesies-spesies berevolusi dan menyesuaikan diri dengan habitat baru mereka.

Baca Juga :   5 Teori Multiverse, Teori Dunia Pararel Alam Semesta Lainya

Keanehan dalam Fauna Periode Triasik

Fauna periode Triasik mencatat beberapa spesies yang tidak lazim dalam sejarah evolusi. Drepanosaurus, dengan kepala yang menyerupai burung dan cakar di ekornya, serta Tanystropheus dengan leher setengah tubuhnya, adalah contoh-contoh hewan yang memperlihatkan adaptasi unik terhadap lingkungan mereka. Meskipun tidak lazim, bentuk-bentuk ini menggambarkan proses adaptasi yang kompleks.

Konklusi: Fenomena Unik dan Peninggalan Sejarah

Periode Triasik adalah masa yang penting dalam sejarah Bumi, di mana bumi hampir tanpa kehidupan karena kepunahan massal. Meskipun menyimpan tragedi, periode ini juga menyaksikan fenomena adaptasi yang luar biasa dan munculnya fauna yang tidak lazim.

Peninggalan fosil-fosilnya memberikan kita wawasan tentang keragaman kehidupan pada masa itu dan menunjukkan betapa dinamisnya evolusi dalam menanggapi perubahan lingkungan.

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” Terima Kasih sudah berkunjung ke situs kami

Dalam menggali pengetahuan tentang masa lalu, kita semakin memahami kompleksitas dan keindahan evolusi kehidupan di Bumi.

Referensi:

  1. – Smith, J.B. (2018). The Triassic Period. University of California Museum of Paleontology.
  2. – Twitchett, R. J. (2007). The Lilliput Effect in the aftermath of the end-Permian extinction event. Palaeogeography, Palaeoclimatology, Palaeoecology, 252(1-2), 132-144.