Scroll untuk baca artikel
BeritaSains

5 Bukti Bahwa Lubang Hitam Itu Ada (Black Hole)

×

5 Bukti Bahwa Lubang Hitam Itu Ada (Black Hole)

Sebarkan artikel ini
posjos.com — Lubang Hitam Di Alam Semesta. Teori Sains Lubang Hitam. Mengenal 5 Bukti Bahwa Lubang Hitam Itu Ada. Black Hole
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar posjos.com — Lubang Hitam Di Alam Semesta. Teori Sains Lubang Hitam. Mengenal 5 Bukti Bahwa Lubang Hitam Itu Ada. Black Hole

POSJOS.COM5 Bukti Bahwa Lubang Hitam Itu Ada | Lubang hitam merupakan salah satu objek paling misterius dalam alam semesta. Wilayah ruang-waktu ini menarik segala materi, bahkan cahaya, sehingga menciptakan aura misteri yang tak terbantahkan.

Meskipun begitu, ada banyak bukti ilmiah yang menegaskan keberadaan lubang hitam di antariksa. Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi lima bukti kuat yang mendukung eksistensi lubang hitam.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

1. Teori Relativitas Einstein

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Pada tahun 1916, Albert Einstein memperkenalkan teori relativitas umumnya, yang secara tak terhindarkan memprediksi keberadaan lubang hitam.

Konsekuensi dari teori ini menegaskan bahwa jika teori Einstein benar, maka lubang hitam pasti ada. Penemuan ini menjadi landasan untuk pemahaman kita tentang lubang hitam.

2. Gelombang Gravitasi

Observasi gelombang gravitasi menjadi bukti langsung yang mendukung keberadaan lubang hitam. Melalui berbagai observatorium seperti LIGO (Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory) dan Virgo, kita berhasil mendeteksi gelombang gravitasi dari penggabungan lubang hitam.

Penemuan ini membuktikan interaksi gravitasi antara lubang hitam, memperkuat keyakinan akan eksistensinya.

3. Lubang Hitam Supermasif

Selain lubang hitam biasa, ada juga lubang hitam supermasif yang ditemukan di pusat galaksi-galaksi.

Observasi Nasa menunjukkan bahwa lubang hitam supermasif ini memiliki massa jutaan hingga miliaran kali massa matahari.

Pengamatan langsung terhadap lubang hitam supermasif di galaksi SR-877 memperkuat keyakinan akan keberadaan mereka.

Baca Juga :   Kisah Seorang Pria Melihat Kota Ghaib Saranjana Kalimantan

4. Efek Tidak Langsung

Banyak efek tidak langsung dari lubang hitam yang diamati, seperti radiasi atau gelombang gravitasi yang tidak dapat dijelaskan oleh objek lain dalam ilmu pengetahuan.

Efek dinamis lubang hitam terhadap benda-benda di sekitarnya juga menjadi bukti kuat akan keberadaannya.

5. Foto Langsung

Pada April 2019, kita akhirnya mendapatkan foto langsung dari lubang hitam supermasif di pusat galaksi aktif.

Foto ini, diambil oleh Event Horizon Telescope, menampilkan bayangan gelap lubang hitam bersama dengan cincin api yang mengelilinginya. Ini merupakan pencapaian besar dalam pengamatan lubang hitam secara langsung.

Kesimpulan

Dari teori-teori fisika hingga pengamatan langsung, terdapat banyak bukti yang menegaskan bahwa lubang hitam benar-benar ada di alam semesta kita.

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” Terima Kasih sudah berkunjung ke situs kami

Meskipun masih banyak misteri yang menyelimuti mereka, pemahaman kita tentang lubang hitam terus berkembang seiring dengan penemuan dan penelitian lebih lanjut.