Scroll untuk baca artikel
BeritaBisnis

Cara Sukses Panen Semangka: Agar Semangka Berbuah Besar

×

Cara Sukses Panen Semangka: Agar Semangka Berbuah Besar

Sebarkan artikel ini
Posjos.com — Cara Tanam Semangka Agar Berbuah Besar. Cara Sukses Panen Semangka: Cara Menanam Semangka Agar Berbuah Banyak
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar Posjos.com — Cara Tanam Semangka Agar Berbuah Besar. Cara Sukses Panen Semangka: Cara Menanam Semangka Agar Berbuah Banyak

POSJOS.COMCara Sukses Panen Semangka: Cara Tanam Semangka Agar Berbuah Besar | Hai sahabat! Sebelum masuk ke inti video kita hari ini, jangan lupa like, subscribe, dan aktifkan tombol loncengnya ya. Ayo sama-sama kita bangun channel ini supaya memberikan manfaat dan inspirasi kepada semua orang.

Rahasia sukses panen semangka sampai tembus 30 ton per hektar membutuhkan perhatian pada berbagai faktor. Semangka, atau citrullus lanatus, bukan hanya lezat tetapi juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Video kali ini akan membagikan rahasia sukses cara menanam semangka agar berbuah besar dan menghasilkan panen maksimal.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Kesuksesan dalam menanam semangka dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pengetahuan dasar budidaya seperti pengolahan tanah, pemupukan, dan pengendalian hama. Namun, ada faktor lain yang perlu diperhatikan, seperti karakteristik tanaman, jenis tanah, dan musim tanam yang tepat.

Semangka memiliki nilai ekonomi tinggi karena permintaan meningkat, terutama menjelang bulan Ramadhan. Selain lezat, buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi kesehatan, semangka membantu mengurangi risiko hipertensi dan stroke, berfungsi sebagai antioksidan, dan menjaga kesehatan ginjal. Untuk kecantikan, semangka dapat mencegah penuaan dini dan membantu peremajaan kulit.

Ada dua jenis semangka, yaitu berbiji dan non-biji, dengan beragam bentuk dan warna. Menanam semangka bukanlah tugas yang sulit, terutama jika memahami karakteristik tanaman ini. Pemilihan lahan yang sesuai dengan musim, ketinggian, dan tekstur tanah yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan tanaman.

Baca Juga :   Prabowo Tetap Menang Meski Dana Kampanye Prabowo Tak Sebesar Ganjar

Penting untuk memperhatikan faktor teknis budidaya semangka, mulai dari pengolahan tanah, penentuan jarak tanam, hingga perawatan tanaman. Pengolahan tanah bertujuan untuk mengembalikan kesuburan tanah, sementara pemupukan dan pengairan juga memegang peranan penting.

Penanaman semangka sebaiknya dilakukan pada musim kemarau untuk optimalitas pertumbuhan. Tantangan mungkin muncul saat penanaman di musim hujan, seperti serangan penyakit yang meningkat. Oleh karena itu, perencanaan yang matang dan pengendalian faktor lingkungan diperlukan.

Pemupukan susulan bertujuan mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dan hasil panen. Pengairan yang cukup penting, terutama pada fase pembentukan buah, namun perlu diatur agar tidak menyebabkan pecahnya buah. Pengendalian hama dan penyakit melibatkan penyemprotan pestisida secara teratur.

Panen semangka dilakukan saat buah sudah matang, sekitar 60-65 hari setelah tanam. Ciri buah yang siap panen adalah tangkai buah yang berubah kecoklatan dan kulit buah yang bersentuhan dengan tanah berubah kekuningan.

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Semoga uraian ini membantu sahabat agropedia dalam menanam semangka secara sukses. Jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk like, subscribe, dan bagikan informasi ini agar semakin banyak orang dapat meraih kesuksesan dalam menanam semangka. Terima kasih!