Scroll untuk baca artikel
BeritaBisnis

Cara Membuat Aquaponik Budidaya Lele Dan Kangkung

×

Cara Membuat Aquaponik Budidaya Lele Dan Kangkung

Sebarkan artikel ini
Posjos.com — Membuat Aquaponik Budidaya Lele Dan Kangkung. Cara Membuat Aquaponik Budidaya Lele Dan Kangkung
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar Posjos.com — Membuat Aquaponik Budidaya Lele Dan Kangkung. Cara Membuat Aquaponik Budidaya Lele Dan Kangkung

POSJOS.COMCara Membuat Aquaponik Budidaya Lele Dan Kangkung | Selamat datang di Posjos.com! Dalam era pertanian modern, aquaponik lele menjadi solusi inovatif untuk budidaya ikan lele dan kangkung di halaman rumah.

Artikel ini akan membahas pengertian aquaponik, langkah-langkah pembuatannya, kelebihannya, dan potensi bisnis yang menjanjikan.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Pengertian Aquaponik Lele dan Kangkung

Aquaponik lele adalah sistem budidaya ikan lele dan tanaman seperti kangkung dalam satu wadah terintegrasi.

Kotoran ikan lele menjadi sumber nutrisi bagi tanaman, yang pada gilirannya bertindak sebagai filter alami untuk menjaga kebersihan kolam.

Hal ini memungkinkan budidaya ikan lele dan kangkung tanpa memerlukan lahan yang luas.

Langkah-langkah Pembuatan Aquaponik

1. Persiapan Kolam

Siapkan kolam berukuran 2×4 atau 3×4 yang dapat menampung ikan lele sebanyak 3.000 ekor. Kolam ini dapat berupa drum atau tong besar.

2. Sistem Aquaponik

Pilih sistem aquaponik, seperti Deep Flow Technique (DFT), yang melibatkan penyimpanan akar tanaman pada media yang dialiri air. Gunakan pompa air kecil dan paralon media untuk menyimpan tanaman.

3. Pemilihan Tanaman

Kangkung menjadi pilihan yang baik. Semai kangkung terlebih dahulu dan pastikan akarnya tumbuh dengan baik sebelum ditempatkan dalam kolam.

4. Penyinaran

Pastikan kolam terkena sinar matahari langsung untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Gunakan cahaya alami sebagai sumber pencahayaan.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Bulat: Inovasi Bioflok

5. Perawatan Kolam

Hindari sumbatan saluran air dengan menggunakan filter, atur aliran air agar tidak terlalu kuat, dan pantau pertumbuhan tanaman serta kebersihan kolam secara rutin.

Kelebihan Aquaponik Lele dan Kangkung

Aquaponik memberikan keuntungan ganda, mengoptimalkan metabolisme ikan lele dalam lingkungan yang kurang menguntungkan dan memanfaatkan kangkung sebagai tanaman penyaring.

Ikan lele menyediakan nutrisi bagi tanaman, sedangkan kangkung memiliki pertumbuhan cepat dan kemampuan penyerapan nitrat tinggi.

Potensi Bisnis Aquaponik

Dengan aquaponik, Anda tidak perlu lahan yang besar. Budidaya ikan lele dan kangkung secara bersamaan dalam satu wadah dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan investasi yang relatif terjangkau.

Keberhasilan dalam menjalankan sistem ini dapat membawa keuntungan yang signifikan.

Ajak teman-teman Anda untuk membaca artikel ini di Posjos.com dan ikuti berita terbaru seputar pertanian dan bisnis.

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Jangan lupa berbagi informasi ini agar semakin banyak orang dapat memanfaatkan potensi aquaponik di halaman rumah. Terima kasih telah membaca!