Scroll untuk baca artikel
BeritaLokal

Sejarah dan Makna Ketupat Jadi Sajian Khas Idulfitri, Sudah Ada Sejak Abad 15

×

Sejarah dan Makna Ketupat Jadi Sajian Khas Idulfitri, Sudah Ada Sejak Abad 15

Sebarkan artikel ini
posjos.com — Sejarah Ketupat. Makna Ketupat . Sejarah dan Makna Ketupat. Sejarah Ketupat Jadi Sajian Khas Idulfitri
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar posjos.com — Sejarah Ketupat. Makna Ketupat . Sejarah dan Makna Ketupat. Sejarah Ketupat Jadi Sajian Khas Idulfitri

POSJOS.COMSejarah dan Makna Ketupat Jadi Sajian Khas Idulfitri, Sudah Ada Sejak Abad 15 | Sejarah Ketupat: Dari Kerajaan Demak Hingga Kebudayaan Islam di Jawa

Ketupat pada Zaman Kerajaan Demak

Menurut catatan sejarah dari detikedu, ketupat telah dikenal dan menjadi bagian dari budaya sejak abad ke-15, pada masa kejayaan Kerajaan Demak. Bentuk ketupat pada masa itu sama dengan yang kita kenal sekarang, yaitu ketupat yang direbus dan dibungkus dengan anyaman daun kelapa.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

Peran Ketupat dalam Penyebaran Agama Islam di Jawa

Sunan Kalijaga, seorang ulama penyebar agama Islam di Jawa, menggunakan ketupat sebagai alat dakwah yang efektif. Hal ini disebabkan oleh ketupat yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kebudayaan Jawa saat itu. Dengan demikian, ketupat menjadi simbol budaya dan filosofi masyarakat Jawa yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam.

Transformasi Ketupat sebagai Hidangan Khas Perayaan Islam

Seiring dengan diterimanya agama Islam oleh masyarakat luas, ketupat pun menjadi hidangan khas dalam perayaan-perayaan Islam, termasuk Idulfitri. Ketupat tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga menjadi bagian dari identitas dan tradisi keislaman masyarakat Jawa.

Makna Lebaran Ketupat: Simbolisme dalam Bentuk dan Tradisi

Arti Kupat dalam Budaya Jawa

Menurut CNBC Indonesia, bentuk ketupat memiliki makna simbolis dalam budaya Jawa, yaitu “laku papat”, yang melambangkan empat segi ketupat. “Laku papat” juga mencerminkan tindakan dalam tradisi Lebaran, dengan makna sebagai berikut:

Baca Juga :   Arti Mimpi Terjatuh: Inilah Tafsir Mimpi Jatuh

Lebaran: Selesai

Lebaran mengandung makna bahwa umat Islam telah menyelesaikan ibadah puasa Ramadan, seperti yang diambil dari kata “lebar”.

Luberan: Sedekah

Luberan menjadi simbol bagi pelaksanaan sedekah dengan ikhlas, sebagaimana air yang melimpah dari wadahnya.

Leburan: Maaf-Maafan

Leburan melambangkan hari di mana dosa-dosa diampuni dan terjadi proses maaf-memaafkan di antara sesama umat Islam.

Laburan: Kemenangan

Laburan memiliki arti kapur putih, yang melambangkan kemenangan dan pemurnian hati setelah menjalani ibadah di bulan Ramadan.

Variasi Tradisi Ketupat di Indonesia

Tradisi makan ketupat saat Lebaran juga bervariasi di setiap daerah di Indonesia. Sebagai contoh, di Kudus, masyarakat merayakan Lebaran dengan prosesi Kirab Gunungan Seribu Ketupat, yang mengandung makna syukur atas kelancaran ibadah puasa Ramadan.

Dengan demikian, ketupat bukan hanya sekadar makanan lezat, tetapi juga memiliki nilai historis, budaya, dan religius yang mendalam bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam menyambut perayaan Idulfitri.