Scroll untuk baca artikel
BeritaKesehatan

7 Jenis Penyakit Dengan Gejala Sakit Perut

×

7 Jenis Penyakit Dengan Gejala Sakit Perut

Sebarkan artikel ini
posjos.com — Perut Sakit Atau Sakit Perut. Penyakit Perut Sakit. 7 Jenis Penyakit Dengan Gejala Sakit Perut.
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar posjos.com — Perut Sakit Atau Sakit Perut. Penyakit Perut Sakit. 7 Jenis Penyakit Dengan Gejala Sakit Perut.

POSJOS.COM7 Jenis Penyakit Dengan Gejala Sakit Perut | Setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut mulai dari yang ringan hingga yang berat. Perut sendiri adalah bagian tubuh yang berada di antara dada dan panggul atau pelvis.

Batas atas perut ditandai dengan diafragma sementara untuk batas bawah perut adalah dengan bagian panggul. Di perut terdapat sejumlah organ yang berperan dalam proses pencernaan makanan seperti lambung, usus kecil, usus besar, hingga kantung empedu.

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

Oleh karena itu, bila sakit perut terjadi, bukan tak mungkin salah satu organ penting tersebut sedang mengalami masalah yang serius.

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Asam Lambung (GERD)

Penyakit asam lambung atau GERD adalah jenis penyakit perut yang paling banyak dialami oleh banyak orang. GERD adalah kondisi saat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa terbakar di dada atau heartburn.

Penyakit ini juga bisa disertai dengan gejala lain seperti bersendawa, kembung, mual, muntah, rasa asam di bagian belakang mulut, dan sesak napas.

Gastritis

Gastritis atau radang perut adalah peradangan yang terjadi pada dinding lambung akibat iritasi yang terjadi terus-menerus.

Gejala dari gastritis meliputi sakit perut bagian atas yang tajam atau terbakar, kembung, rasa kenyang dini, nafsu makan menurun, mual, dan muntah. Penyebab umumnya adalah alkohol, obat antiinflamasi nonsteroid, dan bakteri H. pylori.

Baca Juga :   Dosa Berhutang Tak Diampuni Sekalipun Syahid

Usus Buntu

Usus buntu adalah peradangan pada kantung berbentuk jari yang tersambung dengan usus besar yang terletak pada sisi kanan bawah perut. Gejala awalnya adalah sakit perut merata namun lama-kelamaan terfokus pada bagian kanan bawah perut.

Selain itu, gejala lainnya termasuk rasa mual, muntah, demam, dan sulit membuang gas. Penyakit ini memerlukan tindakan bedah dalam penyembuhannya.

Batu Empedu

Batu empedu atau kolelitiasis merupakan terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Keluhan sakit perut bisa terjadi dalam durasi yang cukup panjang terutama jika terdapat batu dalam jumlah yang cukup banyak di dalam empedu.

Gejala lainnya bisa meliputi nyeri di bagian perut atas dan tengah. Terbentuknya batu ini akibat endapan kolesterol dan bilirubin.

Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah infeksi pada sistem pencernaan yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejalanya meliputi sakit perut, mual, muntah, diare, demam, perut kembung, dan hilangnya nafsu makan. Penyebabnya biasanya adalah konsumsi makanan yang kurang bersih.

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS adalah sekumpulan gejala yang terjadi pada sistem pencernaan seperti sakit perut berulang, kembung, sembelit, dan diare. Penyebab pastinya belum diketahui secara pasti namun diduga akibat gangguan di saluran cerna seperti gangguan kontraksi otot di usus, gangguan pada sistem saraf, infeksi, serta perubahan keseimbangan bakteri di usus.

Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan yang menyerang hati atau liver di dalam perut. Gejala hepatitis bisa meliputi sakit perut, penurunan berat badan, dan gejala lain tergantung pada jenis hepatitisnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti infeksi virus, konsumsi obat-obatan tertentu, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, dan penyakit autoimun.

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” Terima Kasih sudah berkunjung ke situs kami

Baca Juga :   12 Manfaat Daun Pepaya Jepang Untuk Kesehatan

Terima kasih telah menyaksikan video ini. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jika Anda mengalami sakit perut, terutama jika berlanjut atau berulang, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Salam Kunci Sehat!