Scroll untuk baca artikel
BeritaKesehatan

9 Makanan Sumber Selenium

×

9 Makanan Sumber Selenium

Sebarkan artikel ini
posjos.com — Jenis Makanan Sumber Selenium. Apa itu Selenium. Berikut 9 Makanan Yang Menjadi Sumber Selenium
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar posjos.com — Jenis Makanan Sumber Selenium. Apa itu Selenium. Berikut 9 Makanan Yang Menjadi Sumber Selenium

POSJOS.COM9 Makanan Sumber Selenium | Selenium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi kesehatan. Mineral ini memiliki peran vital dalam reproduksi, metabolisme hormon tiroid, sintesis DNA, serta perlindungan tubuh dari kerusakan oksidatif dan infeksi. Kekurangan selenium dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kecemasan, kebingungan, dan berkontribusi pada penyakit miodegeneratif.

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

Mengapa Selenium Penting?

Kebutuhan harian selenium berbeda-beda, di mana pria dan wanita dewasa membutuhkan sekitar 55 mikrogram selenium, sedangkan ibu hamil dan menyusui memerlukan sebanyak 60 mikrogram. Kekurangan selenium dapat berdampak negatif pada kesehatan, oleh karena itu penting untuk memastikan asupan selenium harian tercukupi.

Sumber Selenium dalam Makanan

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan selenium:

1. Daging Sapi

Daging sapi merupakan sumber selenium yang enak dan bergizi. Dalam satu porsi daging sapi yang sudah diolah menjadi steak, terdapat sekitar 33 mikrogram selenium. Daging sapi juga mengandung protein, lemak, zinc, fosfor, serta sejumlah vitamin B yang penting untuk kesehatan tubuh.

2. Daging Ayam

Daging ayam adalah sumber selenium yang baik. Dalam 85 gram daging ayam, terdapat sekitar 22 hingga 25 mikrogram selenium. Konsumsi daging ayam dapat membantu memenuhi kebutuhan selenium harian Anda.

Baca Juga :   Dajjal dan Anteknya Si Pembawa Berita Bohong: Hadist Nabi Tentang Dajjal

3. Telur

Telur juga merupakan sumber selenium yang mudah ditemukan. Dalam satu butir telur rebus, terdapat sekitar 20 mikrogram selenium. Telur juga tinggi protein, fosfor, kalium, kolin, dan vitamin A.

4. Udang

Udang adalah makanan laut yang mengandung selenium. Konsumsi 22 gram udang dapat memberikan sekitar 10,9 mikrogram selenium, membantu mencukupi kebutuhan harian tubuh.

5. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan sumber selenium yang sangat baik. Dalam 85 gram ikan tuna, terdapat sekitar 92 mikrogram selenium. Selain itu, ikan laut lainnya seperti sarden, salmon, dan kepiting juga mengandung selenium.

6. Bayam

Bayam adalah sayuran yang mengandung selenium. Dalam satu porsi bayam yang sudah dimasak, terdapat sekitar 11 mikrogram selenium. Bayam juga tinggi asam folat, vitamin A, dan vitamin C.

7. Jamur Sitake

Jamur sitake mengandung selenium dalam jumlah yang signifikan. Dalam setiap 100 gram jamur sitake, terdapat sekitar 24,8 mikrogram selenium, membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh.

8. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari merupakan camilan sehat yang kaya akan selenium. Seperempat cangkir biji bunga matahari mengandung hampir 19 mikrogram selenium. Bahkan, 28 gram biji bunga matahari kering dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 41%.

9. Kacang Brazil

Kacang Brazil merupakan salah satu sumber selenium terbaik. Dalam 28 gram kacang Brazil, terdapat sekitar 544 mikrogram selenium. Meskipun kaya akan selenium, konsumsi kacang Brazil harus dalam batas yang wajar untuk menghindari keracunan selenium.

Pentingnya Konsumsi yang Seimbang

Meskipun sumber-sumber di atas mengandung selenium yang bermanfaat bagi kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dalam batas yang wajar. Konsumsi yang berlebihan juga bisa berdampak negatif pada kesehatan. Oleh karena itu, pilihlah makanan dengan kandungan selenium yang sesuai dengan kebutuhan harian tubuh Anda.

Baca Juga :   Jenis Makanan Yang Ampuh Atasi Kulit Kering Dari Dalam

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” Terima Kasih sudah berkunjung ke situs kami

Demikianlah, semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini!