Scroll untuk baca artikel
BeritaBisnis

Cara Merawat Doc Anak Ayam Baru Menetas

×

Cara Merawat Doc Anak Ayam Baru Menetas

Sebarkan artikel ini
Posjos.com - Ternak Ayam Merawat Doc Anak Ayam. Cara Merawat Anak Ayam. Cara Merawat Anak Ayam Baru Menetas. Cara Ternak Ayam
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar Posjos.com - Ternak Ayam Merawat Doc Anak Ayam. Cara Merawat Anak Ayam. Cara Merawat Anak Ayam Baru Menetas. Cara Ternak Ayam

Cara Merawat Doc Anak Ayam Baru Menetas, Cara Sukses Ternak Ayam – Selamat datang, sahabat pecinta ternak, di posjos.com! Kali ini, kita akan membahas cara merawat anak ayam yang baru menetas agar tumbuh sehat dan kuat. Simak tips berikut untuk kesuksesan dalam beternak ayam:

Cara Sukses Ternak Ayam

NB : Postingan ini sudah di update menjadi postingan video. Anda bisa “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Scroll Untuk Terus Membaca
Scroll Untuk Terus Membaca

1. Persiapan Bruder yang Nyaman

Sebaiknya, siapkan bruder dua hari sebelum anak ayam menetas. Pastikan bruder memberikan kenyamanan, keamanan, dan memiliki luas yang cukup untuk pertumbuhan mereka.

2. Lampu Penghangat Alternatif

Jika tidak memiliki bruder, gunakan lampu penghangat di dalam kardus. Atur suhu sekitar 35 derajat Celcius, dan turunkan secara bertahap setelah satu minggu.

3. Alas Tidur yang Sesuai

Sediakan alas tidur di dalam bruder atau kardus, menggunakan serutan kayu setebal 7-10 cm. Ganti alas tidur setiap hari untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anak ayam.

4. Kontrol Suhu dan Sistem Pemanasan

Atur suhu kandang dengan menggunakan termometer, dan perhatikan aktivitas anak ayam terhadap pemanas. Jaga suhu kandang agar stabil dan sesuai untuk pertumbuhan mereka.

5. Perhatikan Sirkulasi Udara

Pastikan sirkulasi udara di kandang baik untuk menjaga kebersihan dan menghindari dampak buruk, namun hindari angin langsung ke anak ayam.

Baca Juga :   Cara Membuat Aquaponik Budidaya Lele Dan Kangkung

6. Berikan Vitamin dan Makanan

Berikan vitamin larut air pada air minum 3 hari sebelum dan setelah vaksinasi. Sediakan pakan sesuai umur, dan pastikan pemberian makanan rutin.

7. Kendalikan Kepadatan Kandang

Hindari kandang yang terlalu padat untuk menghindari masalah oksigen dan konflik antar anak ayam.

8. Rutin Bersihkan Kandang

Perhatikan kebersihan alas kandang secara rutin untuk mencegah lepuh pada dada dan kaki anak ayam.

9. Kenali Gejala Sakit

Kenali gejala anak ayam sakit, seperti kelesuan, kehilangan nafsu makan, atau perubahan perilaku. Bawa ke dokter hewan jika diperlukan.